Cari Metode, Media & Model Pembelajaran..? atau Teori Belajar..? Lebih Lengkap !!! Temukan di www.asikbelajar.com [ KLIK DISINI ]

Sunday 1 September 2013

Kenapa Indonesia Multi Partai (Lagi) ?

Kenapa Indonesia Multi Partai (Lagi) ?. Sahabat WeBlog Ask yang berbahagia.  Malam ini adalah malam apes bagiku, kenapa? Karena aku sendiri heran dengan argumenku yang ketika ditanya kedua puteriku, aku heran mau jawab apa.  Ceritanya begini...

Ketika remote TV terarah ke acara yang menampilkan nama-nama calon daftar anggota legislatif, anakku bertanya begini : "kenapa ya di Indonesia partainya bayak sekali...?"
Akupun menjawabnya : "karena, dulu tiga partai tidak bisa menampung atau mewakili keanekaragaman suara rakyat kita..." jawabku sedikit sok pintar...
Ku lihat Anakku menganggukkan kepalanya...
"Memangnya dulu partai kita "cuma" tiga..? tanyanya kemudian...
Maka akupun bercerita panjang lebar sesuai dengan pengetahuan yang pernah aku ketahui semasa sekolah dulu...
"Jaman Presiden Soeharto negara kita "hanya" mempunyai 2 partai, yaitu, PPP, PDI dan GOLKAR..." aku mulai bercerita...
Truz aku melanjutkan..."Jaman dulu, kata guru, Indonesia mempunyai 2 partai dan 1 golkar..."
"kok golkar..?" tanya mereka hampir berbarengan..."bukannya partai golkar..?" tanya sang kakak...
"Dulu golkar "belum" menjadi partai...jadi..(sambil aku menarik nafas karena mulai terpojok)..Golkar Bukan Partai Golkar.." kataku pelan...aku mulai takut mulai ada pertanyaan lagi yang lebih teliti...
Akupun melanjutkan "...sebelumnya, jaman presiden Soekarno, kita juga mempunyai banyak partai seperti sekarang atau yang sering disebut MULTI PARTAI..." lalu aku lanjutkan..."ketika pada jaman Soeharto multi patainya Soekarno dianggap GAGAL, maka akhirnya menjadi 3 partai aja.." ceritaku mulai pelan-pelan...
TERNYATA...anak-anak malah bertanya.."KENAPA MULTI PARTAI SUDAH TAHU GAGAL malah sekarang jadi ikutan MULTI PARTAI LAGI..?"
=%%$#@!^&.......(aku nyari akal untuk menjawab mereka...)
"...sudah dulu yuk...kita siap-siap tidur...besok kalian harus bangun pagi-pagi..." akhirnya dapat juga senjata pamungkasku....huh...lega rasanya.
Tapi dalam hati kecilku juga bertanya :"Kenapa Indonesia Multi Partai Lagi ?"
Berikan komentar terbaik Anda menggunakan:



atau
Comments
0 Comments
Facebook Comments by WeBlog Ask

No comments:

Terima Kasih atas komentar yang diberikan