Wednesday, 11 April 2012

Info Terbaru Gempa Aceh

MOHON KLIK DISINI UNTUK MENGETAHUI INFO GEMPA ACEH JULI 2013.
Baru saja aku datang dari perjalanan luar kota dan mencoba menyalakan TV sekitar pukul 18.40 an WITA, eh...Aceh lagi-lagi digoyang gempa berkekuatan 8,9 SR. Bagi teman-teman yang punya keluarga ataupun teman silakan saja kontak mereka untuk mengetahui kondisi terakhir mereka. Sampai postingan ini diturunkan BMG belum mencabut status rawan tsunami. Tadi jelas terlihat baik di foto maupun video tayangan di televisi bagaimana saudara-saudara kita di Aceh mulai menyelamatkan diri, apalagi mereka masih trauma dengan kejadian gempa dan tsunami di tahun 2004 lalu.

Weblog ask mencoba mengutip info dari kompas.com :
JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) baru saja memberitahukan bahwa gempa mengguncang Aceh pada Rabu (11/4/2012) pukul 15.38 WIB dan berpotensi tsunami.

Eko Yulianto, pakar geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mengatakan bahwa berdasarkan pantauan terakhir magnitud gempa adalah 8,7.

Pusat gempa ada pada di 2.31 Lintang Utara (LU), 92,67 Bujur Timur (BT) atau sekitar 146 Barat Daya Simeulue Aceh dengan kedalaman 10 sekitar kilometer.

"Pusat gempa berjarak sekitar 500 km dari Sumatera. Lokasinya di luar zona pertemuan lempeng atau subduksi," kata Eko saat dihubungi Kompas.com, Rabu hari ini.

Sementara, pakar kegempaan dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Irwan Meilano, menuturkan bahwa pusat gempa berada di sisi barat zona subduksi, artinya menjauhi lokasi daratan Sumatera.

Dengan jarak episentrum 500 km, kalau memang terjadi tsunami, maka tsunami akan tiba dalam waktu kurang dari 1 jam. Selang waktu dari gempa hingga terbitnya berita ini sudah lebih dari 1 jam. Hingga kini, kondisi di Aceh belum diketahui.

Eko menghimbau masyarakat Aceh untuk tetap waspada dan segera melakukan evakuasi dengan pergi ke tempat yang lebih tinggi. Belum diketahui besarnya tsunami yang mungkin terjadi.

Ternyata juga ada korban akibat dari gempa tersebut, seperti diberitakan tribun news.
Info lain juga mengatakan bahwa gempa menguncang dan terasa di 5  Provinsi seperti yang dilansir Republika Online.

Berikan komentar terbaik Anda menggunakan:



atau
Comments
1 Comments
Facebook Comments by WeBlog Ask

1 comment:

Terima Kasih atas komentar yang diberikan