Cari Metode, Media & Model Pembelajaran..? atau Teori Belajar..? Lebih Lengkap !!! Temukan di www.asikbelajar.com [ KLIK DISINI ]

Friday 16 August 2013

9 Alasan Naik Pinang menjadi Budaya 17-an

Sobat WeBlog Ask yang berbahagia dimanapun berada.  Besok bangsa yang kita cintai ini Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-68.  Tema perayaan 17 Agustus 2013 kali ini adalah : MARI KITA JAGA STABILITAS POLITIK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI KITA GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN RAKYAT.  Biasanya, hari kemerdekaan kita identik dengan suasana kemeriahan kegiatan lomba naik pinang. Dimana-mana lomba naik pinang selalu sebagai acara puncak yang ditunggu-tunggu masyarakat.  Namun sayang populasi pohon pinang tersebut udah langka. Namun ini merupakan tantangan dan peluang agar tradisi naik pinang tetap ada. Kenapa lomba naik pinang menjadi "tema" pilihan perayaan 17 Agustus ? Menurut padangan WeBlog Ask ada beberapa alasan kenapa naik pinang masih bisa eksis, alasannya ialah :
  1. Naik pinang merupakan sebuah lomba, karena pesertanya tidak berhadap-hadapan untuk mendapatkan hadiahnya seperti layaknya "pertandingan".  Sehingga diharapkan tidak ada perasaan saling mengalahkan, dan justru saling "bersatu".
  2. Lomba tersebut mempunyai nilai "kerjasama" dan "bersinergi" diantara peserta.
  3. Menimbulkan rasa pengertian diantara peserta dalam satu regu.  Peserta gemuk tahu diri sebagai "pondasi" dan "si kecil" berusaha di atas.
  4. Kata "Naik" pada naik pinang juga mempunyai nilai "perjuangan", bahwa sesuatu yang dicita-citakan atau sesuatu yang akan dicapai harus diperjuangkan.
  5. Kerja keras adalah nilai yang terpenting dalam nilai lomba naik pinang, tanpa kerja keras mustahil ping dapat dipanjat.
  6. Pantang menyerah merupakan nilai yang harus dimilki peserta jika mau hadiah yang tergantung pada pinang di atas
  7. Tidak mementingkan diri sendiri.  Tidak mungkin peserta naik pinang hanya 1 orang bukan?
  8. Berpegang pada target/tujuan/goal dan 
  9. Meletakan Team Work sebagai harga mati dan belajar mengetahui kekuatan tim. 
Oya..bagi yang mau lihat logo 17-an 2013 kali ini, silakan..monggo ada di bawah :

Selamat ultah negaraku tercinta.  Usia 68 tahun tentunya bukan muda apalagi anak-anak. Banyak sudah pengalaman dari perjalanan, jadikanlah semua pengalaman sebagai maha guru. Tentulah negeri ini harus makin bijaksama.  Semoga Indonesiaku Tetap Jaya di muka bumi.
Demikianlah pendapat WeBlog Ask tentang hari kemerdekaan 17 Agustus 2013. Ada yang mau nambahkan..?
Berikan komentar terbaik Anda menggunakan:



atau
Comments
0 Comments
Facebook Comments by WeBlog Ask

No comments:

Terima Kasih atas komentar yang diberikan