Cari Metode, Media & Model Pembelajaran..? atau Teori Belajar..? Lebih Lengkap !!! Temukan di www.asikbelajar.com [ KLIK DISINI ]

Saturday, 13 July 2013

Skor SEO dan Faktanya

seo score and fact
Skor SEO dan Faktanya.  Lho kok tiba-tiba weblog ask nullis kaya gini? Ada ceritanya ya? Benar...ceritanya begini : beberapa hari lalu seorang sahabat bilang bahwa terpaksa harus mengganti template blognya karena setelah ia amat-amati pengunjung blognya menurun.  Kontan saja aku juga kaget dan sadar kaya bangun dari mimpi panjang.  Setelah mencari beberapa informasi dari "mbah Google" akhirnya aku terdampar untuk mencoba mengecek skor SEO masing-masing blog yang aku miliki.  Sebelum kita bahas lebih lanjut, mungkin "ada" yang belum tahu ada itu SEO ?.

Pengertian SEO yang diambil dari wikipedia yaitu Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari).

Kalau dinjau dari pengertian SEO di atas, kedudukan SEO adalah sangat penting dan strategis bagi web dan blog untuk meramaikan (baca:berebut) untuk dicintai oleh mesin pencari, dalam hal ini si Google.  Tapi benarkah faktanya?

Weblog ask mencoba mengecek skor SEO dengan menggunakan web : www.chkme.com, sambil membandingkan dengan fakta yang ada , hasil adalah :
  1. Skor SEO tidak berpengaruh terhadap posisi di mata google.  Buktinya ? blog http://pustaka.pandani.web.id skor SEO = 63% berada di atas blog http://weblogask.blogspot.com yang skor SEO = 93% (per tgl.13/7/2013). Uji tersebut di atas dilakukan berdasarkan kata kunci (key word) yang sama yaitu :  kumpulan model-model pembelajaran.  Padahal, postingan dari pustaka jelas-jelas sumbernya dari weblog ask. Bedanya adalah : pustaka menggunakan Top Level Domain, sedang weblog ask tidak.
  2. Skor SEO tidak mempunyai hubungan yang sangat signifikan terhadap pagerank blog.
  3. Skor SEO tidak mempunyai hubungan yang sangat signifikan terhadap ranking alexa.
Pertanyaannya, untuk apa skor SEO tersebut?Adakah teman-teman yang punya pengalaman berbeda?
Berikan komentar terbaik Anda menggunakan:



atau
Comments
4 Comments
Facebook Comments by WeBlog Ask

4 comments:

  1. mantap bang pencerahannya.. ternyata oh ternyata..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims sdh mampir..ternyata apa ya bro..?

      Delete
  2. skor SEO bukan segalanya, konten atau artikel yang segalanya

    ReplyDelete

Terima Kasih atas komentar yang diberikan