Cari Metode, Media & Model Pembelajaran..? atau Teori Belajar..? Lebih Lengkap !!! Temukan di www.asikbelajar.com [ KLIK DISINI ]

Thursday 23 May 2013

Hakekat Kedisiplinan

Menurut Atmosudirjo, dikatakan disiplin adalah : (1) Sikap mental tertentu yang merupakan sikap taat dan tertib, (2) Suatu pengetahuan tingkat tinggi tentang sistem aturan-aturan perilaku, (3) Suatu sikap yang secara wajar menunjukkan kesanggupan hati-hati.
Berdasarkan pengertian di atas, konsep disiplin meliputi dua aspek, yaitu sikap dan perilaku yang keduanya saling berkaitan. Sikap merupakan kesanggupan jiwa yang timbulnya didasari oleh pengetahuan emosinya, dapat menumbuhkan kesadaran untuk mematuhi tata tertib atau peraturan yang ada. Tanpa didasari oleh pengetahuan tentang norma-norma dan peraturan-peraturan perilaku berlaku disiplin yang dilakukan akan menjadi kaku. Perilaku disiplin merupakan tindakan nyata atau perbuatan yang timbul sebagai akibat adanya kesadaran kepatuhan pada dirinya.
Disiplin adalah mematuhi atau mentaati setiap peraturan yang berlakuatau melaksanakan tugas sesuai denganketentuanyang telah ditetapkan. Disiplin ini terbagi tiga yaitu disiplin pribadi, disiplin sosial dan disiplin nasional. Dengan demikian jelaslah bahwa disiplin nasional diawali dengan disiplin pribadi.
Selain itu disiplin juga merupakan suatu sikap, perbuatan untuk selalu mentaati tata tertib. Disiplin adalah sikap yang tercermin dalam perbuatan, tingkah laku perorangan, kelompokatau masyarakatberupa kepatuhan atau ketaatan terhadap peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan yang diterapkan pemerintah, atau etika, norma dan kaidah yang berlaku dalam masyarakat untuk tujuan tertentu.
Peningkatan disiplin kerja guru dapat diterapkan dengan melihat faktor kondisional dan situasional sekolah dan guru itu sendiri. Sehingga kebijakan-kebijakan yang ada dapat berjalan dengan baik dan bisa diterima oleh semua pihak.
Menurut pendapat di atas bahwa disiplin merupakan cermin sikap mental dari setiap orang atau kelompok pada peraturan atau norma dalam masyarakat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kedisiplinan guru bisa berhubungan dengan kedisiplin waktu  dan kedisiplin dalam melaksanakan persiapan administrasi pembelajaran.
Berikan komentar terbaik Anda menggunakan:



atau
Comments
0 Comments
Facebook Comments by WeBlog Ask

No comments:

Terima Kasih atas komentar yang diberikan