Cari Metode, Media & Model Pembelajaran..? atau Teori Belajar..? Lebih Lengkap !!! Temukan di www.asikbelajar.com [ KLIK DISINI ]

Monday 1 April 2013

Webometrics, kenalan yuk !

Sekarang hampir semua Perguruan Tinggi di Indonesia, baik Negeri maupun Swasta lagi berlomba masuk ke webometrics.  Artinya ada kesamaan cita‐cita untuk mewujudkan World Class University (WCU). Salah satu kriterianya adalah sejumlah pengakuan dalam lingkup internasional (Internatio-nal Recognized), baik itu penelitian, kualitas SDM, Laboratorium, proses belajar mengajar, termasuk juga dari sisi kapasitas teknologi informasi dan popularitas webnya. Apa itu webometrics?, pentingkah webometrics? Perangkingan Webometrics atau Webometrics Ranking of World Universities adalah inisiatif untuk mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga-lembaga penelitian di Situs Web. Dari pengertian tersebut diketahui bahwa Webometrics sesungguhnya adalah perangkingan sebuah Perguruan tinggi atau Universitas berskala Internasional yang mengacu pada “Kehidupan” Universitas atau Perguruan Tinggi tersebut di ranah Internet. Perangkingan Webometrics Universitas adalah inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset milik Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol.

Alamat web dari webometrics dapat diakses ke http://www.webometrics.info untuk melihat laman awal atau ke http://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia untuk melihat peringkat Perguruan Tinggi di Indonesia. Sementara ini webometrics melakukan 2 (dua) kali penilaian dalam satu tahun, yaitu setiap bulan Januari dan bulan Juli.

Beberapa Perguruan Tinggi swasta ada yang mencantumkan rangking webometrics dalam brosur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).  Mereka menja-dikan perangkingan webometrics sebagai “posisi tawar” dalam menarik peminat. Dengan adanya Webometrics, semua perguruan tinggi  berkesempatan “merasakan” ikut menjadi bagian Perguruan Tinggi yang berkelas dunia dengan cara pengelolaan web yang serius. Artinya bila kita ada waktu, ada tenaga yang menangani, ada alokasi dana, ada komitmen dan ada metode pengelolaan yang kita sepakati bersama, Insya Allah universitas kita akan bisa terpampang dalam jajaran perguruan tinggi lainnya, baik rangking di Indonesia, Asia dan Dunia, walaupun mungkin rangkingnya belum seberapa, tapi minimal mengatakan pada dunia bahwa kita ada.  Bagaimana bro?
Berikan komentar terbaik Anda menggunakan:



atau
Comments
1 Comments
Facebook Comments by WeBlog Ask

1 comment:

Terima Kasih atas komentar yang diberikan