Cari Metode, Media & Model Pembelajaran..? atau Teori Belajar..? Lebih Lengkap !!! Temukan di www.asikbelajar.com [ KLIK DISINI ]

Tuesday 27 August 2013

Malam ini Mars seperti Bulan purnama

Malam ini Mars seperti Bulan purnama.  Sobat WeBlog Ask yang berbahagia.  Tiba-tiba istri saya heboh mendapat berita tentang akan ada penampakan Malam ini (27-8-2013) Mars seperti Bulan purnama.  "Pantesan, kemarin malam ada terlihat seperti bulan tapi warnanya kekuningan tapi lebih besar" begitu katanya membenarkan berita yang ia terima lewat HP Black*******nya (sorry, merk hp).  WeBlog Ask pun dengan naluri bloggernya langsung googling mencari kabar tentang penampakan Malam ini Mars seperti Bulan purnama.  Bagi yang penasaran dipersilahkan baca artikel di bawah ini yang dicopy dari http://astronesia.blogspot.com/ :

Gambar ini beredar di Facebook, dengan klaim bahwa Mars akan muncul sebesar dan seterang bulan purnama pada tanggal 27 Agustus 2013. Ini kabar hoax dan jangan percaya. Mars tidak akan pernah muncul sebesar bulan purnama di langit Bumi

Sebuah email yang beredar dan media sosial mendengungkan dugaan bahwa pada 27 Agustus 2013 Mars akan muncul seperti Bulan purnama di langit Bumi.

Seperti ini :
"Ayo lihat Mars seperti Bulan purnama pada tanggal 27 Agustus 2013 yang sangat spektakuler.Benar-benar pengalaman sekali seumur hidup"
Salah satu versi menyebutkan bahwa Mars dan bulan Bumi akan muncul sebagai "bulan ganda" pada akhir Agustus dan sebuah foto beredar di facebook.

Kedengarannya luar biasa! Dapatkah itu terjadi?

Jawabannya adalah itu tidak mungkin terjadi.Itu hanya sebuah kabar Hoax/bohong yang dibuat oleh seseorang yang tidak punya kegiatan.Kabar bohong ini telah beredar sejak tahun 2003.Faktanya bahwa Mars tidak akan pernah muncul seperti Bulan purnama di langit Bumi.

Planet merah Mars seperti yang terlihat oleh teleskop Hubble.Dapatkah Anda bayangkan melihat ini di langit malam kita? Ini akan menakutkan! Tapi itu tidak akan pernah terjadi.

Walaupun hari ini (25 Agustus 2013) Mars tampak terang di langit Bumi,itu hanyalah hal biasa.Mars akan memiliki magnitudo +14 dan berada pada jarak 215.600.000 mil (346.800.000 kilometer) pada hari Minggu pagi.Bagaimana hal tersebut bisa terlihat seperti Bulan purnama? Mars akan selalu terlihat seperti bintang di langit malam Bumi.

Jika planet Mars berdampingan dengan Bulan,perbandingan diameternya dengan Bulan purnama adalah 1 : 140.Anda memerlukan 140 planet Mars dan meletakkannya berdampingan untuk menyamai diameter Bulan.

Planet ini sedikit lebih kecil dari Bumi tapi lebih besar dari Bulan Bumi.Mars juga sangat jauh dibanding Bulan.Jarak bulan-bumi hanya beberapa detik cahaya saja.Pantulan cahaya dari permukaan bulan membutuhkan waktu sekitar satu detik untuk mencapai kita di Bumi.Sedangkan cahaya dari Mars memakan waktu lebih lama untuk mencapai Bumi - dari beberapa menit sampai sekitar 20 menit,tergantung dari gerakan Bumi dan Mars mengelilingi matahari.

Bulan berada lebih dekat dengan Bumi,makanya Bulan terlihat sebagai cakram terang di langit kita.Sedangkan Mars letaknya sangat jauh jadi biar bagaimana pun,Mars hanya akan terlihat seperti bintang di langit malam.

Jadi bagaimana rumor 'Mars terlihat sebesar bulan purnama' di mulai? Ini dimulai dengan suatu peristiwa yang sebenarnya, pada tahun 2003. Pada tanggal 27 Agustus 2003,Mars datang sedikit lebih dekat terhadap Bumi yang tidak pernah sedekat itu sejak 60.000 tahun lalu.Jarak Mars saat itu mencapai 34.7 juta mil jauhnya (lebih dari tiga menit cahaya).Orang terakhir yang melihat pendekatan ini di tahun sebelumnya adalah manusia Neanderthal.

Apakah pemandangan itu spektakuler? Ya! Mars tampak seperti titik api di langit malam.
Apakah Mars sebesar dan seterang bulan, bahkan pada posisi terdekatnya dengan Bumi pada tahun 2003? Jawabannya tidak dan Mars tidak akan pernah sebesar bulan purnama.

Intinya: 
-Mars tidak akan muncul sebesar bulan purnama pada tanggal 27 Agustus 2013. 
-Mars tidak akan pernah muncul sebesar bulan purnama di langit Bumi.

Informasi yang beredar yang mengatakan Mars akan sebesar Bulan purnama di langit bumi adalah Hoax/bohong yang dibuat oleh orang kurang kerjaan. 
Berikan komentar terbaik Anda menggunakan:



atau
Comments
4 Comments
Facebook Comments by WeBlog Ask

4 comments:

  1. waah sepertinya sangat Unik Yaa Sob jika hal ini benar benar terjadi...

    ReplyDelete
  2. uda niat nungguin pdahal, hufhh.. moonlovers

    ReplyDelete
    Replies
    1. trims udah mampir...moonlovers pasti dpt melihat bulan purnama..haaaaa

      Delete

Terima Kasih atas komentar yang diberikan