Cari Metode, Media & Model Pembelajaran..? atau Teori Belajar..? Lebih Lengkap !!! Temukan di www.asikbelajar.com [ KLIK DISINI ]

Wednesday 31 October 2012

Pengaruh Cinta Orang Tua Terhadap Kecerdasan Anak

Ingin anak-anak kita cerdas..? Pasti semua orang tua menginginkan anaknya cerdas dan berhasil.  Sebagai orang tua, tahukah kita, bahwa perasaan cinta orang tua dapat mencerdasakan anaknya..? Berikut artikel yang mengulas tentang  Kekuatan cinta seorang ibu ternyata memengaruhi kecerdasan intelektual dan emosional anak.


Kekuatan cinta seorang ibu ternyata memengaruhi kecerdasan intelektual dan emosional anak.
Anak-anak yang mendapatkan perhatian penuh dari ibunya pada awal kehidupannya cenderung memiliki otak dengan ukuran hippocampus, yang lebih besar.
Hippocampus adalah bagian otak yang penting dalam pengaturan fungsi belajar, mengingat dan respons terhadap stres.
Demikian hasil riset yang dilakukan para pakar saraf Amerika Serikat, seperti dikutip Medical Daily, Selasa (30/10).
Hasil scan otak dari dua anak berusia 3 tahun mengungkapkan, bahwa otak kiri secara signifikan lebih besar dan mengandung lebih sedikit bintik-bintik dan daerah gelap daripada otak kanan yang ukurannya lebih kecil.
Mengapa hal ini bisa terjadi? Penyebabnya, kata para ahli saraf, adalah faktor perhatian dan kasih sayang dari orangtuanya. Anak dengan otak yang lebih besar mendapatkan kasih sayang dari orangtua, sedangkan yang otaknya kecil ditelantarkan. 


Pakar ilmu saraf yang meneliti otak ini menjelaskan, perbedaan keduanya sangat mengejutkan.
Otak berukuran kecil di sebelah kanan begitu berbeda, di mana banyak area pada otak yang hilang dibandingkan yang kiri. 

Anak dengan otak sebelah kanan bukan tidak mungkin akan tumbuh menjadi pribadi yang kurang cerdas, kurang berempati, cenderung rentan kecanduan dan terlibat kejahatan.
Tak hanya itu, anak dengan ukuran otak yang kecil juga cenderung menjadi beban orang lain dan mengalami problem kesehatan mental dan fisik yang serius di kemudian hari.


Lantas, apa yang menyebabkan perkembangan kedua otak anak tersebut begitu berbeda?


Para ahli menganalisa, penyebab utamanya adalah perlakuan orangtua terhadap mereka. Anak yang pertumbuhan otaknya maksimal selalu mendapat perhatian dan kasih sayang dari ibunya.
Sedangkan anak dengan ukuran otak yang menciut kerap diabaikan dan disakiti. Perbedaan perlakuan inilah yang menjadi alasan mengapa ada anak yang otaknya berkembang secara optimal, sedangkan anak yang lain tidak.


Profesor Allan Shore dari University California Los Angeles, Amerika Serikat, yang meneliti masalah ini menjelaskan, pertumbuhan sel otak dipengaruhi oleh interaksi antara bayi dan pengasuh utamanya yaitu, ibu.
"Agar pertumbuhan sel otak bayi maksimal, maka dibutuhkan interaksi positif antara bayi dan ibu," ujarnya.


Jika seorang bayi tidak diperlakukan dengan baik pada dua tahun pertama kehidupannya, kata Shore, maka gen-gen yang bertanggung jawab untuk beragam aspek fungsi otak seperti kecerdasan tidak akan berfungsi dan bahkan tidak eksis.


Kondisi ini tentu saja memberikan kekhawatiran dan implikasi pada anak-anak yang diabaikan orangtuanya pada dua tahun di awal kehidupannya. Semakin parah anak itu ditelantarkan orangtuanya, maka semakin jelas dampak kerusakan yang akan muncul.


Tak hanya itu, perbedaan ukuran otak yang ditunjukkan pada hasil scan tersebut juga memunculkan kekhawatiran akan adanya siklus penelantaran anak-anak.
Para ahli saraf berpendapat, anak-anak yang ditelantarkan orangtuanya semasa kecil cenderung mengalami hambatan perkembangan otak, sehingga mereka pun cenderung melakukan hal yang sama pada anak-anaknya.


Meski demikian, penelitian di AS menunjukkan bahwa siklus ini sebenarnya bisa diputus. Bagaimana caranya? Syaratnya, kata para ahli,  harus ada penanganan secara dini dan dukungan  penuh dari keluarga. 

Riset ini merupakan riset pertama yang menunjukkan bagaimana perubahan pada daerah penting dari otak anak berkaitan dengan pola asuh seorang ibu.
Judul Asli : Kekuatan Cinta Ibu Pengaruhi Kecerdasan Anak
Penulis: Medical Daily/Ririn Indriani
Sumber : http://www.beritasatu.com/keluarga/80369-studi-kekuatan-cinta-ibu-pengaruhi-kecerdasan-anak.html
Berikan komentar terbaik Anda menggunakan:



atau
Comments
0 Comments
Facebook Comments by WeBlog Ask

No comments:

Terima Kasih atas komentar yang diberikan