Cari Metode, Media & Model Pembelajaran..? atau Teori Belajar..? Lebih Lengkap !!! Temukan di www.asikbelajar.com [ KLIK DISINI ]

Wednesday 30 June 2010

8 Tips Liburan Sehat, murah dan Mendidik

Masa liburan adalah masa jeda dari segala aktivitas rutin.  Sehingga masa liburan menjadi suatu hal yg ditunggu2 oleh semua orang.
Dampak yg sangat dirasakan dari masa liburan adalah biaya transportasi yg relatif tinggi dibanding hari biasanya, tiket pesawat, kapal, bus dll naik.  Bagi keluarga yg mempunyai penghasilan (budget liburan terbatas) jangan berkecil hati. Ikutilah ...Tips Liburan Sehat, Murah dan Mendidik di bawah ini.


1. Ajak ke Pasar Tradisional
Ada baiknya anak2 sekali-kali diajak ke pasar tradisional sekalian dia bisa belajar langsung dari "teori"nya selama belajar.  Ajak anak2 bersosialisasi dgn lingkungan pasar.  Kasih tau dan diskusikan dgn anak2 bahwa pasar tradisional adalah tempat berjualan pedagang dari desa dgn menjual hasil kebun, sawah dllnya. Kenalkan anak2 dgn barang2 dagangannya, seperti daging, ayam, telur, sayuran, ikan dll. Pulang ke rumah jgn lupa mencuci kaki dan tangan anak2.

2. Membuat Kue
Khusus yg memiliki anak cewek tidak salahnya ajak dia membuat kue di rumah.  Kegiatan ini jg bisa menimbulkan komunikasi yg mengasikan antara orang tua dan anak. Diskusikan cara dan biaya pembuatan kue tersebut.

3. Bermain Game di Mall
Dunia anak identik dgn dunia bermain. Ajak dia bermain game kesukaannya di mall terdekat ato yg masih dalam kota.  Jangan lupa dampingi mereka.

4. Berenang Bersama
Mungkin sudah biasa bagi anak2 kita berenang di tempat kolam renang umum. Tapi suasana liburan akan memberikan kesan yg lain, karena banyaknya pengunjung.

5. Jalan Sehat Pagi
Cari hari yg cocok untuk mengajak anak2 jalan sehat dipagi hari.  Misalnya hari Minggu.

6. Keliling Kota
Dalam hal ini anak dikenalkan posisi kantor dan tempat lainnya yg mungkin selama ini cuma dilewati, tapi anak tidak mengetahuinya.

7. Ajak Ke Kebun
Bagi orang tua yg memiliki kebun ato keluarga lokasi kebun, tidak salahnya anak2 sekaligus bersilaturrahmi dengan lingkungan yg ada sambil melihat-lihat buah yg ada.

8. Ke Kebun Binatang
Bagi kota2 tertentu yg memiliki kebun binatang, tdk salahnya mengajak putra-putrinya ke kebun binatang, sambil belajar dan liburan.  Jgn lupa kasih informasi kpd anak2 tentang binatang yg dia lihat.

Bagaimana, ada yg mau tambahkan? Kita tinggal memilih dari 8 Tips yg cocok dgn keadaan keuangan keluarga, jika anak2 ingin liburan seperti para anak selebritis ato anak orang kaya, kasih pengertian supaya putra-putri kita bisa memahami.  Tetaplah beri putra-putri kita yg terbaik, termasuk rasa kasih sayang yg tidak bisa digantikan dgn uang sebesar apapun. Selamat menikmati liburan.
Berikan komentar terbaik Anda menggunakan:



atau
Comments
0 Comments
Facebook Comments by WeBlog Ask

No comments:

Terima Kasih atas komentar yang diberikan