Thursday, 29 March 2012

Probing-Prompting

Teknik probing-prompting adalah pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan setiap siswa dan pengalamannya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Selanjutnya siswa mengkontruksika konsep-prinsip-aturan menjadi pengetahuan baru, dengan demikian pengetahuan baru tidak diberitahukan.

Dengan model pembelajaran ini proses tanya jawab dilakukan dengan menunjuk siswa secara acak sehingga setiap siswa mau tidak mau harus berpartisipasi aktif, siswa tidak bisa menghindar dari proses pembelajaran, setiap saat ia bisa dilibatkan dalam proses tanya jawab. Kemungkinan akan terjadi suasana tegang, namun demikian bisa dibiasakan. Untuk mengurangi kondisi tersebut, guru hendaknya serangkaian pertanyaan disertai dengan wajah ramah, suara menyejukkan, nada lembut. Ada canda, senyum, dan tertawa, sehingga suasana menjadi nyaman, menyenangkan, dan ceria. Jangan lupa, bahwa jawaban siswa yang salah harus dihargai karena salah adalah cirinya dia sedang belajar, ia telah berpartisipasi.

Pustaka :
Ngalimun, 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin. Scripta Cendekia.
Berikan komentar terbaik Anda menggunakan:



atau
Comments
4 Comments
Facebook Comments by WeBlog Ask

4 comments:

  1. Gan, sya lagi cari refrensi buku di tulisan agan Strategi dan Model Pembelajaran,. ane cari2 di jogja dan sekitarnya blm ada,. gmna gan bisa krjasama,? ane butuh cepet,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. minta no. hp aja, nanti kami telp, Gmn?

      Delete
  2. Selamat Siang Pak, saya sedang mencari refernsi buku yang membahas tentang probing pompting sebagai bahan penyusunan skripsi,sy masih bingung mengenai sintaks model pembelajarannya..mohon informasinya mengenai refernsi tersebut. terima kasih

    ReplyDelete

Terima Kasih atas komentar yang diberikan